3 Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen di Media Sosial
(Freepik)
Pastinya setiap pemilik usaha menginginkan produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen mendapatkan respon positif.
Namun, terkadang kita kebingungan apakah konsumen puas dengan produk kita atau tidak, sehingga kita kesulitan mengukurnya nih.
Namun sekarang tidak perlu bingung lagi, karena ada cara mengukur kepuasan konsumen di media sosial nih, berikut IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini!
1. Melihat dari Topik yang Dibahas di Media Sosial
Cara pertama mengukur kepuasan konsumen adalah melihat banyaknya pesan pribadi atau notifikasi yang kita terima dari konsumen di media sosial nih.
Selain itu, kita bisa melihat respon yang diberikan terhadap konten yang kita posting, jika memang membludak pertanyaan, SobatIAM bisa mengakalinya dengan FAQ sehingga memudahkan konsumen mencerna informasi.
2. Melihat dari Waktu Respon Konsumen
Selanjutnya bukan hanya topik yang dibahas, tetapi respon waktu yang mereka berikan kepada kita juga cepat setelah mengunggah sebuah konten mengenai produk.
Baca juga: 4 Cara Riset Produk Terlaris yang ada di TikTok Shop
Jika ingin mendapatkan indikator ini, maka perbaiki kualitas pelayanan bisnis di media sosial, dan sesegera mungkin balas pesan yang menanyakan seputar produk dan brand kita. Sehingga customer senang dengan respon cepat kita juga.
3. Melihat dari Sentimen di Unggahan
Cara terakhir melihat konsumen puas dengan produk atau brand kita adalah melihat sentiment yang ada di media sosial, apakah respon positif atau sebaliknya nih.
Mulailah SobatIAM melihat rating atau feedback yang diberikan oleh pelanggan, mana yang lebih dominan, negatif atau justru positif nih.
Jika memang diperhatikan dengan baik, maka ini bisa menjadi acuan bisnis kamu biar lebih berinovasi dan memperbaiki kekurangan di produk kita.
Nah, sudah tahu bukan bahwa melihat kepuasan konsumen tidak perlu jauh-jauh, hanya bermodalkan media sosial, kita tahu apakah mereka senang atau tidak dengan produk kita.
Comments
No Comment yet