4 Tren Konten yang Akan Terus Meningkat di Instagram Tahun 2024
Selama bertahun- tahun, Instagram mengalami banyak perubahan untuk tetap relevan dan memenuhi kebutuhan pengguna di dunia digital. Untuk berhasil dan mengembangkan akun di platform media sosial ini, maka kemampuan beradaptasi di dalamnya juga diperlukan.
Salah satu perubahan penting adalah penggunaan konten visual yang dominan yang awalnya berfokus pada foto, sekarang video dan reels lebih mendominasi.
Untuk itu, dalam rangka mencapai kesuksesan dalam membuat konten berkualitas di Instagram bagi brand maupun influencer dan penggiat sosial media lainnya, perlu diketahui 4 tren konten di Instagram tahun 2024 yang telah dirangkum oleh IAM.id sebagai berikut.
Baca juga: 6 Tren Platform Media Sosial 2024 yang Harus Kamu Ketahui
(sumber: Eaters Collective/ Unsplash)
1. Meningkatnya Konten Faceless
Konten faceless telah menjadi tren yang semakin popular di Instagram belakangan ini. Konten ini mengacu pada gambar atau video yang tidak menampilkan wajah pemilik akun. Sebaliknya fokus utama konten ini adalah menunjukkan keterampilan dan kreativitas tanpa mengungkap identitas pribadi. Fenomena konten ini menjadi cara unik yang menyenangkan untuk berbagi cerita atau pengalaman secara anonym. Terutama di era digital yang semakin canggih, konten ini mampu menarik minat pengguna Instagram karena keunikannya berupa cara kreatif untuk berbagi pengalaman, menjaga privasi, dan mengatasi tekanan yang ada di platform.
2. Konten Story Meningkat
Story menjadi fitur yang paling banyak diunggah di kalangan pengguna Instagram dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu alasan mengapa konten story semakin banyak adalah karena pengguna bisa berbagi momen seketika secara langsung sehingga foto dan video dapat diunggah secara sederhana dan cepat tanpa harus memikirkan tata letak atau proses edit yang rumit. Hal ini memungkinkan pengguna berbagi momen kecil dalam hidup dengan mudah dan spontan dan menawarkan interaksi yang lebih langsung antar pengguna melalui fitur DM (Direct Message). Selain itu, efek dan fitur unik yang ditawarkan dalam konten story juga menjadi daya tarik. Apalagi ditambah dengan adanya stiker lucu, teks, musik, dll.
Baca juga: 5 Trend Strategi Influencer Marketing Tahun 2024 Untuk Brand
3. Originalitas Semakin Dicari
Semakin banyak informasi dan konten yang dihasilkan setiap hari, membuat orang lebih selektif dalam memilih apa yang mereka konsumsi. Mereka tidak hanya menginginkan informasi yang segar tapi juga unik dan berbeda dari yang lain. Originalitas konten penting karena memberikan nilai tambah kepada pengguna lainnya. Hal ini juga penting bagi influencer dan content creator dalam bekerjasama dengan brand, karena brand tentu akan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki komitmen dan originalitas dalam kontennya. Apalagi di tengah persaingan yang ketat, konten yang unik dan berbeda dapat membuat seseorang/ produk menjadi lebih dikenal dan diingat serta memiliki potensi menjadi viral atau menarik perhatian secara lebih efektif dibandingkan konten biasa. Jadi, dalam dunia yang penuh dengan informasi dan konten, originalitas menjadi salah satu kunci tetap relevan dan motivasi untuk terus mengembangkan kreativitas dan berani berinovasi demi menjaga daya tarik konten.
4. Konten Reels Tetap Mendominasi
Sejak diperkenalkan pada tahun 2020, fitur reels telah menjadi bagian penting dalam platform media sosial ini. Reels menawarkan opsi membuat video pendek yang kreatif. Konten reels yang menghibur dan menarik menawarkan pengalaman menyenangkan bagi pengguna Instagram. Mereka dapat menemukan berbagai jenis konten, mulai dari tarian, kegiatan sehari- hari, tips kreatif hingga cuplikan komedi pendek. Pengguna dapat menghabiskan waktu di Instagram dengan mudah dan menyenangkan. Secara keseluruhan, konten reels tetap dominan di Instagram karena popularitasnya dan dukungan dari platform yang membuktikan minat pengguna terhadap video pendek yang kreatif telah tersalurkan dalam fitur yang sesuai.
Baca juga: Sering Dianggap Sama: Ketahui Perbedaan Content Creator Dengan Influencer
Nah itu dia 4 trend konten yang akan terus berlangsung dan terus meningkat dalam platform media sosial Instagram di tahun 2024.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Tips Influencer di sini ya!
Comments
No Comment yet