Bukan untuk Influencer Saja, Inilah 7 Jenis Endorsement yang Harus Rekan Brand Tahu
(Freepik/user18526052)
Bagi SobatIAM yang memiliki bisnis, istilah endorsement atau yang akrab kita dengar sebagai endorse mungkin sudah tidak asing bukan?
Melalui endorse ini, produk yang dimiliki pelaku usaha bisa dengan mudah dan cepat dikenal orang. Kalau biasanya kita kenal endorse ini untuk influencer atau KOL saja, ternyata tidak lho.
Berikut ini beberapa jenis endorse yang mesti diketahui pemilik brand. IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini!
1. Jenis expert
Pertama, jenis endorse yang mungkin sudah dikenal yakni jenis expert, yakni menggunakan tokoh-tokoh yang punya keahlian tertentu di bidangnya masing-masing.
Sebagai contohnya, KOL masuk ke jenis endorse tersebut, karena biasanya mereka sudah bertahun-tahun menggeluti bidang atau profesi mereka. Misalnya seorang atlet sepak bola, bulu tangkis dan lain sebagainya.
Sehingga, brand yang ingin menjalin kerja sama dengan expert ini harus selaras dengan bidang yang dimiliki seorang expert.
2. Jenis prominence
Selanjutnya ada jenis endorse prominence, yakni jenis yang menggunakan tokoh masyarakat atau public terkenal yang dapat dipercaya.
Tujuannya cukup sederhana, agar kepercayaan konsumen bisa meningkat terhadap kualitas produk yang tengah dipromosikan nih.
3. Jenis celebrity
Nah, jenis ini mungkin termasuk influencer ya, karena jasa public figure atau selebriti ini pasti disukai oleh masyarakat.
Baca juga: Manfaat Memiliki KOL Management di Suatu Perusahaan atau Bisnis
Tujuannya sama sebetulnya, agar produk yang dipromosikan oleh seorang endorse ini dapat disukai juga oleh konsumen, layaknya mereka mencintai si influencer yang mempromosikannya.
4. Jenis testimonial
SobatIAM pernah kan melihat review atau testimoni yang berasal dari orang random atau masyarakat umum?
Nah, jenis endorse ini memungkinkan masyarakat yang bersifat netral untuk membuat pernyataan atau testimoni sebuah produk yang diiklankan.
Memangnya berpengaruh ya masyarakat biasa? Oh, jelas dong. Pasalnya, orang biasa akan dianggap jujur testimoninya dan tidak dibuat-buat, makannya tak heran banyak masyarakat percaya.
5. Jenis terrestrial
Jenis selanjutnya yakni ada terrestrial, yakni jasa orang biasa yang tidak ada unsur komersial. Tujuannya cukup simple, agar bisa meyakinkan konsumen atau masyarakat berdasarkan kesaksian orang lain.
Baca juga: Mengenal KOL Management, Peran Penting dalam Sebuah Perusahaan
Misalnya kita punya teman yang rambutnya berketombe, tanpa diendorse atau mengambil komersial lainnya, SobatIAM akan merekomendasikan salah satu brand shampoo untuk masalah ketombe. Itulah yang dinamakan terrestrial.
6. Jenis leader
Seperti namanya, jenis endorse ini menggunakan jasa seorang tokoh pemimpin di bidang tertentu, dan memiliki kesesuaian dengan produk yang diiklankannya nih.
Misalnya kita punya sebuah perusahaan media, dan berencana untuk endorse atau memberikan testimoni oleh pejabat yang masih erat kaitannya dengan penyiaran. Inilah yang dinamakan jenis leader.
7. Jenis accesivit
Nah, terakhir ada jenis endorse accesivit, yakni jasa menggunakan seorang tokoh yang memiliki keunikan di bidang tertentu.
Karena keunikan dan keistimewaannya tersebut menjadikan daya tarik orang-orang, agar calon pembeli memperhatikan iklan tentang produk tersebut.
Baca juga: 4 Kelebihan Endorsement yang Perlu Diketahui Rekan Brand
Secara tidak langsung audiens akan memperhatikan pada produk yang diiklankan, dengan bantuan dari seorang tokoh atau kreator unik tersebut.
Nah, itu tadi beberapa jenis endorse yang mesti SobatIAM tahu, karena memang sangat luas dan tidak berpaku pada influencer saja. Namun, jasa influencer ini memang sangat berpengaruh karena dekat dengan masyarakat dan punya keunikan tersendiri.
Comments
No Comment yet