Chairul Tanjung dan Transformasi Brand Melalui Media Sosial
Siapa Sobat IAM di sini yang gak kenal sama Chairul Tanjung? Sosok pengusaha sukses yang dari awal sederhana, tapi sekarang udah berhasil membangun berbagai bisnis yang kini dikenal luas di Indonesia. Nah, salah satu aspek menarik dari perjalanan bisnisnya adalah bagaimana dia bisa memanfaatkan media sosial buat transformasi brand. Gimana tuh ya? Yuk, bahas lebih banyak!
Baca juga: Cara Membangun Komunitas Media Sosial untuk Manajemen Media Sosial yang Sukses
Siapa Chairul Tanjung?
Chairul Tanjung dikenal sebagai pendiri CT Corp yang mencakup berbagai sektor seperti media, ritel, dan investasi. Melalui pengalaman yang luar biasa, ia selalu bisa mencari cara untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. Nah salah satu perubahan terbesar di era digital ini tentu saja ditandai dengan munculnya media sosial, dan Chairul tahu betul bahwa platform ini bisa banget jadi alat yang ampuh biar brand makin kuat dan makin berkembang.
Baca juga: Pengaruh Anies Baswedan Lewat Personal Branding dan Kepemimpinan Inspiratif
Media Sosial: Senjata Ampuh untuk Brand
Era media social adalah jamannya hampir semua orang di dunia sering menghabiskan waktu di media social. Nah, Chairul Tanjung melihat peluang besar dari situ. Apalagi melalui platform seperti Instagram, X, dan Facebook, dia dan timnya berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.
Chairul Tanjung dan Transformasi Brand Melalui Media Sosial. (Sumber: instagram @chairultanjung)
1. Engagement yang Lebih Dekat
Media sosial menjadi penolong brand supaya bisa berinteraksi langsung dengan penggunanya. Melalui konten yang bentuknya sekarang udah macem- macem, maupun dari komentar dan story, Chairul Tanjung dapat menciptakan ruang bagi konsumen untuk berbagi pengalaman mereka. Misalnya brand retail yang berada di bawah naungan CT Corp sering mengadakan kuis atau giveaway yang bikin konsumen merasa lebih terlibat.
Baca juga: Membuat Content Pillar yang Kuat untuk Meningkatkan Engagement
2. Pemasaran yang Kreatif
Chairul Tanjung juga gak segan segan buat kolaborasi dengan influencer yang punya banyak pengikut demi mempromosikan produknya dan demi meningkatkan visibilitas brand secara signifikan. Dengan cara ini juga dia bisa menjangkau audiens yang sebelumnya mungkin belum pernah mengenal produk tersebut.
Baca juga: 5 Tools Penting yang Harus Diketahui Content Creator
3. Membangun Citra Brand yang Kuat
Media sosial juga memberi Chairul Tanjung kesempatan untuk membangun citra brand yang konsisten dan kuat. Melalui konten yang menarik dan relevan, dia bisa menampilkan nilai- nilai perusahaan dan apa yang menjadi keunggulan produknya. Misalnya, campaign sosial yang diadakan untuk mengedukasi masyarakat bisa juga lho meningkatkan citra positif brand di mata publik.
Baca juga: Transformasi Influencer Marketing dari Selebritis hingga Mikro-influencer
Salah satu contoh sukses dari transformasi brand melalui media sosial adalah campaign yang dilakukan Trans Media. Melalui konten yang menarik dan aktif dalam berinteraksi, mereka berhasil menarik perhatian banyak penonton sekaligus memperkuat posisi mereka sebagai salah satu pemain utama di industri media.
Transformasi brand Chairul Tanjung melalui media sosial adalah contoh nyata bagaimana pengusaha dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Nampaknya kini brand wajib banget harus memaksimalkan pemanfaatan media sosial secara efektif. Dari Chairul Tanjung kita belajar bahwa pemanfaatan platform media social bukan cuma bisa meningkatkan visibilitas produk, tapi juga membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumennya.
Baca juga: Siap Join IAM.id? Yuk, Pelajari dulu Ruang Lingkup Digital Marketing
So, buat Sobat IAM yang merupakan para pengusaha muda, jangan pernah Lelah belajar ya, karena walau Chairul Tanjung berasal dari generasi tahun 70an, ia juga tidak berhenti belajar bahkan berhasil memanfaatkan teknologi terkini melalui platform media social ke dalam strategi pemasarannya. Siapa tahu, dengan langkah yang tepat, brand kamu juga bisa jadi sepopuler produk- produk di bawah naungan CT Corp!
Comments
No Comment yet