Dekat dengan Influencer, Apa itu Paid Promote dan Apakah Sama dengan Endorse?
(Freepik/benzoix)
Demi produk atau sebuah brand bisa dikenal orang banyak, biasanya strategi yang akan dilakukan dengan melibatkan influencer marketing.
Apalagi, influencer ini punya pengaruh yang besar di komunitas, maka tak heran brand akan melakukan paid promote.
Sebetulnya SobatIAM sudah tahu belum apa itu paid promote dan perbedaannya dengan endorsement apa ya? Berikut IAM.ID akan merangkum informasinya di bawah ini!
Apa itu Paid Promote?
Istilah paid promote mungkin sudah tidak asing di kuping kita semua bukan? Istilah ini erat kaitannya dengan media sosial Instagram.
Paid promote adalah promosi sebuah produk atau layanan dari brand yang dilakukan oleh seorang influencer atau orang terkenal dengan jumlah followers yang besar.
Diharapkan dengan promosi yang dilakukan oleh influencer ini yang memiliki banyak pengikut, produk atau brand yang ditawarkan dapat menarik pelanggan.
Baca juga: Mengenal Instagram Bisnis Beserta Kelebihannya untuk Akun Brand
Secara sederhananya, promosi yang dilakukan tersebut berisi informasi mengenai kampanye produk yang materinya sudah disiapkan oleh brand.
Jangkauan influencer melakukan paid promote ini bukan terbatas di followers mereka saja, namun bisa juga masuk ke explore Instagram, sehingga akan banyak orang yang melihat promosi produk yang tengah diiklankan.
Perbedaan Paid Promote dan Endorsement Apakah Sama?
Sama-sama mempromosikan sebuah produk atau brand, namun keduanya memiliki perbedaan lho. Secara singkatnya memang jika paid promote pihak brand yang akan menyediakan materinya, jadi influencer tinggal unggah konten saja.
Sedangkan endorsement itu iklan atau promosi yang dilakukan oleh influencer cenderung membutuhkan kreativitas dari influencer, baik style yang mereka punya karena pihak brand tidak menyediakan materinya.
Umumnya memang output endorsement ini berupa video testimoni atau review produk yang organic. Selain soal materi konten, ternyata paid promote dan endorsement ini berbeda masalah harga.
Baca juga: Bukan Cuma Informatif, Berikut 4 Manfaat Caption di Media Sosial
Harga paid promote biasanya sudah disepakati kedua belah pihak sebelumnya, sehingga brand tidak perlu mengirim barang atau produk yang diiklankan, jadi tinggal memberikan review atau ulasan mengenai produk tersebut dengan materi yang sudah tersedia.
Sedangkan endorsement ini pemilik brand akan mengirimkan produk pada influencer untuk diberikan ulasannya, dalam artian dibayar dengan produk. Tujuannya untuk mendapatkan ulasan yang sifatnya positif dan bisa bisa dibagikan kepada khalayak luas.
Nah, sudah tahu kan apa itu paid promote dan perbedaannya dengan endorse? Jika SobatIAM yang berprofesi sebagai influencer, pastinya harus mengetahui kedua hal tersebut ya untuk memudahkan dalam proses kerja sama dengan para brand yang tertarik.
Comments
No Comment yet