Kolaborasi Influencer: Konten yang Paling Banyak Diminati di 2024
Gak kerasa ya tahun 2024 udah mau abis. Menurut Sobat, tahun 2024 ini konten apa sih yang paling digemari audiens? 2024 tentu merupakan tahun yang penuh dengan kolaborasi kreatif dan inovatif antara brand dan influencer, ya gak? Buat brand yang mau memperluas jangkauan, kolaborasi dengan influencer tetap jadi strategi yang sangat efektif. Namun, seperti yang kita tahu, dunia digital selalu cepat berubah. Lantas, konten apa sih yang paling diminati audiens di 2024? Yuk bahas bareng- bareng!
Baca juga: Kesalahan Umum dalam Branding di Media Sosial dan Cara Menghindarinya
1. Konten Edukasi dan Tutorial
Di tahun 2024, audiens makin suka konten yang lebih dari sekedar menghibur karena juga harus punya nilai tambah. Konten edukasi dan tutorial adalah salah satu jenis konten yang paling diminati karena ngasih informasi yang berguna dan relevan.
Kenapa ini populer?
- Audiens lebih pintar: sekarang informasi cepat menyebar dan banyak orang yang mau belajar lebih banyak dan jadi lebih cerdas dalam membuat keputusan. Mereka suka mencari tutorial gimana cara memakai produk atau layanan terutama yang menghemat waktu atau uang.
- Kepercayaan audiens: Konten edukatif memberi kesan bahwa influencer peduli terhadap pengikutnya, jadi ketika influencer memberi informasi yang bermanfaat, mereka bisa bangun hubungan yang lebih kuat dan lebih otentik dengan audiens.
Brand kecantikan bisa ajak influencer bikin video tutorial tentang cara pakai produk kecantikan tertentu lengkap dengan tips atau review jujur. Atau untuk brand teknologi, ajak influencer bikin video unboxing dan tutorial penggunaan produk terbaru.
Baca juga: Wajib Tau! Tujuan Tersembunyi di Setiap Format Konten Instagram
2. Konten Berbasis Cerita Pribadi (Storytelling)
Storytelling tetap jadi konten yang paling mengena di hati audiens. Di 2024, makin banyak influencer yang bikin konten lebih personal seperti berbagi pengalaman hidup yang relevan dengan produk atau layanan yang dipromosikan. Konten dengan cerita pribadi ini biasanya lebih menyentuh jadi bikin audiens merasa special dan lebih terhubung.
Kolaborasi Influencer: Konten yang Paling Banyak Diminati di 2024. (Sumber: Freepik)
Kenapa ini populer?
· Keterhubungan emosional: Cerita yang otentik dan personal bikin audiens merasa dekat dengan influencer. Mereka bukan cuma melihat seseorang yang mempromosikan produk, tapi juga jadi merasa seperti teman yang berbagi pengalaman nyata.
· Meningkatkan kepercayaan: influencer yang berbagi kisah pribadi tentang gimana sebuah produk membantu mereka bakal bikin audiens lebih percaya dan jadi ikutan beli produk yang sama.
Brand fashion bisa ajak influencer berbagi cerita tentang gimana mereka merasa percaya diri mengenakan pakaian dari brand tersebut atau cerita gimana produk bisa bantu mereka dalam keseharian.
Baca juga: Simak yuk Gimana Influencer Bandung Menghubungkan Kreativitas dan Branding demi Kesuksesan Bisnis
3. Konten Berbentuk Live Streaming dan Interaktif
Berkembangnya fitur live streaming di berbagai platform media sosial menjadikan konten interaktif ini makin populer di tahun ini. Audiens tampaknya suka berinteraksi langsung dengan influencer mereka dan diberikan kesempatan untuk terhubung secara real-time.
Kenapa ini populer?
· Interaksi langsung: Live streaming bikin audiens mudah berinteraksi langsung dengan influencer melalui komentar, tanya jawab, bahkan voting. Ini menciptakan rasa keterlibatan yang lebih tinggi dibanding konten biasa.
· Keaslian dan transparansi: Live streaming memberi kesempatan influencer buat nunjukin sisi asli mereka dan berinteraksi secara lebih natural dengan audiens.
Brand bisa ngadain sesi live stream bareng influencer buat bahas produk baru, jawab pertanyaan audiens, atau nunjukin produk di situasi nyata. Misalnya buat brand yang jualan produk kecantikan, ajak influencer melakukan sesi live make-up tutorial menggunakan produk dari brand dan memberikan tips kepada audiens.
Baca juga: Sobat Influencer Mau Kerja di Lebih dari Satu Tempat? Emang Bisa?
4. Konten yang Mengangkat Isu Sosial dan Lingkungan
Tahun ini makin banyak brand yang menyadari pentingnya Corporate Social Responsibility (CSR). Makanya kolaborasi influencer yang mengangkat isu sosial atau lingkungan juga makin diminati. Audiens yang banyak dari generasi muda pun lebih tertarik sama brand yang dukung perubahan positif.
Kenapa ini populer?
· Kepedulian terhadap isu sosial: Audiens yang rata- rata adalah generasi milenial dan Gen Z, lebih sadar masalah sosial dan lingkungan, jadi lebih memilih buat dukung brand yang juga peduli terhadap isu- isu ini.
· Pengaruh positif: Influencer punya kemampuan memengaruhi audiens dan mereka sering jadi suara yang kuat dalam mempromosikan kesadaran sosial atau lingkungan.
Buat brand yang fokus pada produk ramah lingkungan atau mendukung organisasi sosial, ajak influencer buat mempromosikan campaign tersebut. Misalnya, brand bisa kerjasama dengan influencer yang aktif dalam isu lingkungan buat ngajak audiens mendaur ulang atau mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
Baca juga: Update Canva 2024 Buat Ningkatin Konten Digital dan Branding- mu!
5. Konten Berformat Ulasan dan Testimonial
Konten ulasan atau testimoni tetap jadi salah satu jenis konten yang sangat efektif dalam influencer marketing. Audiens pastinya lebih percaya pendapat orang lain yang udah cobain dulu produknya, kan? Jadi, influencer yang mereview jujur tentang produk, bisa ngasih nilai tambah buat brand.
Kenapa ini populer?
- Kepercayaan audiens: Review dan testimonial dari influencer yang udah dipercaya audiens, bisa menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian.
- Keaslian dan transparansi: Audiens menghargai kejujuran dalam review. Jika seorang influencer memberikan ulasan yang jujur dan tidak berlebihan, mereka akan lebih percaya kepada produk tersebut.
Minta influencer buat bikin video atau tulisan tentang pengalaman mereka menggunakan produk, apakah itu makanan, pakaian, atau teknologi. Audiens akan lebih tertarik karena mereka merasa mendapatkan informasi yang lebih objektif.
Baca juga: 8 Ide Konten Behind the Scenes yang Bikin Audiens Makin Dekat
Kolaborasi influencer di 2024 terlihat sangat berkembang ya Sobat dengan konten yang lebih inovatif, edukatif, dan interaktif. Mulai dari tutorial dan storytelling, hingga live streaming, influencer marketing terus beradaptasi dengan tren digital yang juga berkembang. Jadi, buat brand yang mau sukses di media sosial, penting banget manfaatin jenis konten yang gak cuma menarik, tapi juga relevan dan ngasih nilai tambah buat audiens.
Comments
No Comment yet