Squid Game Effect? Gimana Hype Film Bisa Jadi Peluang Campaign Viral!
Pernah gak sih ngerasa semua orang ngomongin hal yang sama di media sosial? Waktu Squid Game pertama, terus kedua rilis misalnya, tiba- tiba semuanya dari meme, challenge, sampai produk kopi dalgona juga ikut meramaikan sampai Squid Game ketiga sekarang.
Nah, itulah yang kita sebut dengan “Squid Game Effect”, saat hype sebuah film (atau pop culture) bisa meluas dan jadi peluang influencer marketing yang super viral.
Baca juga: Apa Itu The Art of Marketing Service? Mengubah yang Tak Terlihat Jadi Super Menarik!
Hype = Momentum Emas Buat Brand
Yang bisa menang banyak di dunia digital yang serba cepat ini siapa lagi kalau bukan brand yang gesit dan bisa membaca momentum. Kalau kamu bisa masuk ke obrolan viral dengan konten yang tepat, bukan cuma awareness aja yang naik, tapi engagement dan trust juga bisa ikut terbang.
Waktu Squid Game booming misalnya, banyak influencer yang bikin konten challenge pakai produk brand, merk F&B masuk ke tren dalgona candy, dan fashion brand endorse outfit yang terinspirasi karakter di serial.
Istimewanya, kesemua konten tersebut relevan, fun, dan organik.
Baca juga: 5 Influencer Kuliner Instagram yang Bikin Laper Setiap Scroll! Siap-Siap Ngiler!
Influencer Marketing = Jalur Cepat ke Tren
Influencer bukan cuma corong iklan, tapi partner kreatif buat bawa brand kamu masuk ke percakapan viral dengan cara yang natural.
Kelebihan influencer itu banyak banget, diantaranya bisa translate tren jadi konten yang relate, bisa disesuaikan dengan niche audiens mereka, bahkan bisa bikin campaign jadi lebih “hidup”, bukan sekedar share promo aja.
Maka dari itu, di sinilah branding lewat endorse biasanya bakal terasa lebih autentik dan gak maksa.
Squid Game Effect? Gimana Hype Film Bisa Jadi Peluang Campaign Viral! (Sumber: Unsplash)
Baca juga: Meet @archieyevia, Influencer of the Month IAM yang Bisa Bikin Konten Lifestyle Jadi Relate Banget!
Tips Biar Campaign Kamu Gak Cuma Numpang Hype
1. Pilih tren yang nyambung dengan value brand
Jangan maksa masuk ke tren yang gak relevan, bisa bisa jadi boomerang buat brand.
2. Kolaborasi sama influencer yang kreatif & kontekstual
Mereka tahu cara “mainin” tren jadi konten yang disukai audiens.
3. Speed is everything!
Jangan tunggu tren udah lewat baru ikut- ikutan. Karena di media sosial sekarang semua serba cepat dan serba update, jadi waktu adalah segalanya.
4. Gunakan format konten yang lagi naik daun
Reels, TikTok, ataupun carousel storytelling, silakan pilih yang paling engaging.
Baca juga: Kerja Sama Brand Tapi Dibayar Produk Aja? Yuk Bahas Value Diri Sendiri!
Squid Game Boleh Lewat, Tapi Strategi Numpang Tren Tetap Jalan
Tren dan momentum akan selalu datang dan pergi, tapi brand yang tahu cara bermain di dalamnya akan tetap relevan dalam jangka waktu yang lama.
Kolaborasi antara influencer marketing, konten kreatif, dan timing yang pas adalah kunci campaign yang viral dan tahan lama.
Baca juga: Waktunya Brand Memperkenalkan Produk 'Back to School' di Momen Jelang Tahun Ajaran Baru
Mau Campaign yang Ngena di Hati?
IAM siap bantu kamu masuk ke tren dengan cara yang strategis, kreatif, dan berdampak nyata. Bukan cuma ikut- ikutan hype, tapi bantu kamu jadi bagian dari percakapan yang sedang berlangsung.
Let’s talk strategy that works, not just goes viral.
Comments
No Comment yet