5 Cara Cerdas Kolaborasi dengan Influencer Lokal Untuk Mengangkat Produk UMKM di Momen Agustusan
Agustus adalah bulan yang penuh dengan semangat nasionalisme dan bukan cuma ramai dengan lomba- lomba seru dan upacara bendera di sekolah dan kantor- kantor, Agustus juga jadi Bulan berharga lho bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar Indonesia yang lebih luas. Salah satu strategi efektif untuk mengangkat produk UMKM selama Agustusan tentunya bisa melalui kolaborasi dengan influencer local dong. Yuk, simak dulu di sini gimana cara cerdasnya!
Baca juga: Simak 5 Alasan Kenapa Brand Harus Terus Mengangkat Isu Kemerdekaan
1. Pilih Influencer yang Pas dengan Nilai UMKM
Langkah awal seperti biasa yaitu memilih influencer lokal yang pas dengan nilai yang dianut UMKM. Influencer yang punya basis pengikut yang sesuai dengan target market produk UMKM juga akan lebih gampang menjadikan pesan UMKM agar bisa diterima dengan baik. Misalnya untuk produk UMKM di bidang kuliner atau makanan tradisional, pilih influencer kuliner lokal yang sering ngonten tentang masakan Indonesia. Jadi, kolaborasi akan terasa lebih otentik dan menarik bagi audiens tertarget.
5 Cara Cerdas Kolaborasi dengan Influencer Lokal Untuk Mengangkat Produk UMKM di Momen Agustusan. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Yuk Ciptakan Konten Kreatif Acara Agustusan melalui Kolaborasi dan Campaign di IAM.id
2. Bikin Konten Bertema Nasionalisme
Karena Agustus identik dengan perayaan kemerdekaan, maka pastikan juga konten yang dibuat bersama influencer relevan dengan tema Agustusan. UMKM bisa menggandeng influencer untuk bikin konten kreatif yang memperlihatkan cara mereka memakai produk UMKM di acara Agustusan. Misalnya untuk UMKM yang bergerak di bidang fashion lokal, influencer bisa membuat OOTD (Outfit of The Day) dengan tema nasionalisme terkait produk UMKM tersebut. Konten seperti ini selain membantu produk semakin dikenal juga akan membangkitkan rasa bangga terhadap produk lokal.
Baca juga: Apa Arti Kemerdekaan Menurut-mu? Yuk Gali Makna Kemerdekaan di Era Media Sosial
3. Adakan Diskon Spesial
Semua orang pasti suka potongan harga, jadikan Agustus momen special untuk memberikan diskon khusus. Kolaborasi dengan influencer lokal bisa juga mencakup kegiatan giveaway dan menyebarkan promosi kepada para pengikut untuk mengikuti kontes sederhana dengan hadiah produk UMKM atau potongan harga bila membeli produk. Di samping itu, UMKM juga bisa kerjasama dengan influencer untuk memberikan kode diskon eksklusif yang bisa digunakan oleh pengikut mereka saat membeli produk sehingga meningkatkan ketertarikan dan penjualan secara signifikan.
Baca juga: Simak 6 Inspirasi Konten Ini untuk Merayakan Kemerdekaan RI di Media Sosial
4. Manfaatkan Cerita Inspiratif dari Influencer
Influencer biasanya punya cerita inspiratif yang bisa dishare kepada pengikutnya. Nah, UMKM bisa banget mengangkat cerita ini dalam kolaborasinya dengan influencer lokal, terutama yang relevan dengan perjuangan, semangat, atau kecintaan pada produk lokal. Influencer yang punya cerita dan pengalaman berjuang dalam hidup mereka bisa membagikan cerita perjuangannya sambil mempromosikan produk UMKM. Dengan begitu audiens akan lebih terhubung dengan produk karena mereka melihat nilai- nilai yang selaras dengan semangat perjuangan.
Baca juga: 5 Peran Influencer yang Menginspirasi dalam Merayakan Kemerdekaan RI
5. Maksimalkan Platform Media Sosial
Kolaborasi dengan influencer lokal bakal lebih maksimal saat didukung dengan promosi yang gencar di berbagai platform media sosial. Jangan lupa, pastikan juga konten yang dibuat influencer telah dishare di semua platform media social brand UMKM, seperti Instagram, Facebook, TikTok, X, dan lainnya. Hal ini penting dilakukan agar jangkauan promosi makin luas dan produk UMKM juga semakin dikenal. Bisa juga menyematkan hashtag yang relevan seperti #BanggaBuatanIndonesia atau #UMKMIndonesia untuk membantu memperluas jangkauannya.
Baca juga: 7 Strategi Kreatif Menggunakan Influencer untuk Campaign Agustusan
Kolaborasi dengan influencer lokal di momen Agustusan adalah salah satu strategi tepat untuk mengangkat produk UMKM. Bantuan influencer yang pas dan bisa membuat konten yang relevan dengan semangat kemerdekaan, serta memaksimalkan penggunaan platform media sosial, produk UMKM bisa lebih dikenal dan dicintai masyarakat. Jadi gimana? UMKM kamu siap untuk meramaikan Agustusan dengan produk lokal yang berkualitas?
Yuk join IAM.id dan rencanakan kolaborasi Brand UMKM dengan influencer yang tepat!
Comments
No Comment yet