6 Checklist yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Bisnis di Instagram
Memulai bisnis online di media sosial mungkin memang mudah seperti yang dikatakan banyak orang, namun semakin ketatnya persaingan dan peraturan yang terus berubah dapat menjadikan tantangan lain yang harus dihadapi para pebisnis online.
(sumber: freepik/ pressfoto)
Tantangan inilah yang dapat menjadi alasan perkembangan bagi bisnis online yang mau terus belajar dan memperbaiki brand-nya untuk terus tumbuh, karena kesuksesan hanya untuk mereka yang fokus pada tujuan. Namun, sebelum pergi lebih jauh, bagi yang baru memulai bisnis online di Instagram, harus terlebih dahulu mengenal beberapa hal yang harus dilakukan.
Berikut IAM.id rangkum 6 Checklist penting untuk kamu yang baru akan membuat akun Instagram bisnis.
1. Pengaturan Profil
Buatlah profil bisnis menggunakan foto dan gambar dengan kualitas tinggi dengan tulisan di bio yang menarik dan berfokus pada brand. Jangan lupa juga untuk menyertakan link yang bisa di klik dan dapat mengantarkan audiens untuk langsung berbelanja produk atau jasa yang ditawarkan.
Baca juga: 3 Fitur Terbaru Instagram, Udah Coba?
2. Perencanaan Konten
Tentukan tujuan konten dan niche akun bisnis dengan membuat dan mengembangkan konten secara konsisten melalui perencanaan beragam jenis konten dan juga menambahkan hashtags mengenai brand yang relevan.
3. Pembuatan Konten
Buat konten yang mempertahankan style akun bisnis baik secara visual maupun caption yang memanfaatkan cerita Instagram. Selain itu, lakukan kolaborasi dan bermitra dengan influencer yang memiliki tujuan sama.
4. Engagement
Media sosial adalah tempat bersosialisasi maka balaslah komentar yang masuk juga pesan- pesan dari audiens. Jadilah tuan rumah yang menarik dan disukai dari akun bisnis yang dimiliki.
5. Konversi dan Penjualan
Ingatlah bahwa tujuan akhir untuk brand adalah meningkatnya penjualan. Jadi, penting untuk akun bisnis agar dapat mengarahkan para pengikutnya untuk datang ke situs web dan mendatangi produk yang dimiliki brand. Hal ini bisa juga dikembangkan dengan memanfaatkan iklan Instagram yang tertarget atau dengan menawarkan promosi eksklusif.
Baca juga: Penting Bagi Bisnis! Ini 3 Cara Mudah Mengukur Brand Awareness
6. Analitik dan ROI
Lakukan analisis akun Instagram bisnis dengan memonitor pertumbuhan follower, mengevaluasi kinerja dan penjualan, serta menghitung ROI dari iklan dan kampanye. Instagram memiliki kelengkapan info tentang akun Instagram bisnis baik di setiap konten maupun secara keseluruhan. Gunakanlah info di dalam insight tersebut untuk menyempurnakan strategi bisnis ke depannya.
Nah itu dia 6 checklist penting buat bantu sobat IAM yang baru memulai buka akun bisnis di Instagram.
Jangan lupa untuk update terus informasi terbaru dengan membaca kumpulan artikel seputar Media Social Management di sini ya!
Sumber:
Comments
No Comment yet