Lebih Dekat dengan Layanan ORM, Kenali Dua Alur Pengerjaan ORM di IAM.id
Kini pengelolaan reputasi online (Online Reputation Management atau ORM) menjadi sangat penting bagi siapapun yang melakukan branding, baik personal maupun brand atau perusahaan. Untuk itulah platform IAM.id hadir untuk membantu mengelola reputasi mereka dengan dua alur pengerjaan utama, yaitu mitigasi dan deteksi krisis, serta penanganan isu. Yuk kita bahas lebih lanjut kedua alur tersebut!
Baca juga: Kenali 6 Menu Lengkap Dashboard IAM.id dalam Sistem Layanan ORM
1. Alur Mitigasi dan Deteksi Krisis
Di IAM.id, proses alur mitigasi dan deteksi krisis ini diawali oleh seorang Watcher yang bertugas untuk mengidentifikasi isu yang berpotensi menjadi krisis. Ada dua mekanisme utama yang digunakan dalam melakukan identifikasi ini:
a. Melalui Portal Sistem (Media Analytics)
Watcher dapat mengakses portal sistem yang dilengkapi dengan fitur Media Analytics yang memungkinkan Watcher memantau berbagai platform media dan mencari potensi isu yang mungkin merugikan brand. Media Analytics memberikan data secara real-time sehingga Watcher bisa dengan cepat mengenali pola dan tren yang mencurigakan.
b. Memantau Langsung Melalui Media Sosial
Selain melalui portal, Watcher juga bisa langsung memantau media sosial. Dengan mengawasi percakapan dan aktivitas di platform seperti X, Instagram, dan Facebook, Watcher dapat lebih cepat mendeteksi isu yang sedang berkembang. Ketika Watcher menemukan isu, mereka dapat langsung memuatnya ke dalam sistem ORM IAM.id dengan membuat tiket, sehingga isu tersebut dapat segera ditindaklanjuti.
Lebih Dekat dengan Layanan ORM, Kenali Dua Alur Pengerjaan ORM di IAM.id. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Menghalau Permasalahan Reputasi yang Sering Dihadapi Brand dengan Produk ORM IAM.id
2. Penanganan Isu
Setelah isu diidentifikasi dan diinput ke dalam sistem ORM oleh Watcher, langkah selanjutnya adalah penanganan isu tersebut. Berikut adalah alur penanganan isu di IAM.id:
a. Pembuatan Konten Penanganan Isu oleh Copywriter
Data isu yang sudah diinput oleh Watcher akan langsung diterima oleh tim Copywriter. Tugas Copywriter adalah membuat konten yang tepat untuk menangani isu tersebut. Konten yang dibuat akan dikategorikan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan isu agar penanganannya bisa lebih efektif.
b. Distribusi Konten Kepada Buzzer
Setelah konten selesai dibuat, langkah berikutnya adalah mendistribusikannya kepada para Buzzer. Buzzer adalah individu atau kelompok akun aktif di media sosial yang dapat membantu menyebarkan konten penanganan isu tersebut. Dengan bantuan Buzzer, konten akan cepat menyebar dan diharapkan dapat meredam isu sebelum berkembang menjadi krisis yang lebih besar.
Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Optimalkan Reputasi Digital Brand Melalui Produk ORM IAM.id
Dengan alur mitigasi dan deteksi krisis yang efektif, serta penanganan isu yang cepat dan tepat, IAM.id memastikan brand tetap memiliki reputasi baik di dunia digital. Proses ini tidak hanya melibatkan teknologi canggih, tetapi juga kolaborasi antara Watcher, Copywriter, dan Buzzer, sehingga setiap isu dapat ditangani dengan sebaik-baiknya. Sehingga brand bisa lebih tenang dan fokus pada pengembangan bisnis tanpa khawatir akan dampak negatif dari isu yang tidak diinginkan.
Yuk join IAM.id dan nikmati layanan ORM untuk menjaga reputasi brand kamu!
Comments
No Comment yet