Mengenal Apa itu SEO dan SEM Beserta Manfaatnya!
(Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)
Ada banyak cabang dari digital marketing, dan salah satunya adalah SEO dan SEM. Kedua hal ini berfungsi untuk menentukan metode pemasaran yang terbaik untuk bisnis kamu.
Tentu, keduanya punya peran besar nih dalam bisnis yang dijalankan, jika SobatIAM punya website bisnis, menggunakan keduanya bisa lebih optimal lho!
Jika ada yang belum tahu, berikut beberapa pengertian dan pembahasan mengenai apa itu SEO dan SEM. Berikut IAM.ID merangkum informasinya untuk rekan bisnis semua!
Pengertian SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu pemasaran digital untuk mendapatkan posisi teratas ketika seseorang mencari sesuatu di Google menggunakan kata kunci atau keyword.
Jika sudah berada di posisi atas ini, maka semakin banyak orang yang mengetahui website kamu dan pada akhirnya akan mengembangkan bisnis yang sedang dikelola.
Baca juga: Cara Membuat Campaign Marketing yang Menarik dan Efektif untuk Brand
Penerapan SEO ini tidak mudah, seseorang perlu menerapkan berbagai analisa, menentukan strategi yang tepat dan terus memantau hasil kerja SEO yang sudah diatur.
Pengertian SEM
Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) adalah cara pemasaran digital yang menempatkan halaman website pada posisi teratas sebuah pencarian dengan menggunakan keyword.
Perbedaannya, jika SEO bisa dilakukan secara organic atau tanpa biaya, SEM ini perlu mengeluarkan biaya untuk bisa mencapai posisi teratas dengan suatu kata kunci.
Baca juga: Jenis-Jenis Campaign Marketing yang Bisa Rekan Brand Lakukan
Karena berbayar, para pelaku bisnis akan menaikkan halaman produk di website mereka saja, karena akan berpotensi dibeli orang banyak, ketimbang halaman artikel yang memuat informasi menarik.
Manfaat SEO dan SEM
SEO dan SEM ini punya berbagai manfaat yang akan didapatkan, berikut beberapa manfaatnya untuk kebutuhan bisnis kamu!
1. Search Engine Optimization (SEO)
Bisa meningkatkan jumlah kunjungan website secara organic, meningkatkan jumlah konversi atau penjualan dalam website dibarengi dengan jumlah kunjungan website, dilakukan tanpa biaya, mendapatkan data konsumen secara gratis, bisa tingkatkan awareness, bertahan lebih lama dan cocok dijadikan investasi jangka panjang.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Bisa dengan mudah mendapatkan konsumen baru, memudahkan untuk melakukan pengaturan target konsumennya, dapat mencapai target dengan mudah karena berbayar, hasilnya langsung bisa dirasakan terutama terkait penjualan, cocok untuk sebuah bisnis baru, cocok dijadikan investasi jangka pendek.
Baca juga: Mengenal Apa itu Marketing Campaign Beserta Manfaatnya untuk Brand
Nah, itu tadi beberapa pengertian SEO dan SEM beserta manfaatnya. Dari kedua hal ini, mana nih yang cocok untuk bisnis SobatIAM?
Comments
No Comment yet